Cara Mengatasi Low Memori Di Blackberry

Mengatasi Low Memori Di Blackberry - Banyak user mengeluhkan masalah low memori di BlackBerry. Sudah menginstall aplikasi memfree, memori booster dan sejenisnya tapi tidak kunjung bisa lega. Tindakan mencabut baterai serta menekan shortcut Alt+LGLG (Event Log) tetap tidak berubah. Apa lagi yang yang harus diperbuat? Setiap OS baru pasti membutuhkan memori yang sangat besar, sehingga BlackBerry selalu menaikkan memori setiap kali merilis OS terbaru.

Lalu bagaimana bagi pemakai BlackBerry tipe agak lawas, sebut saja BlackBerry Bold 9700 “Onyx” yang hanya memiliki device memori 256MB, yang juga ingin menikmati OS terbaru?.Onyx setelah dipasang OS 6, fresh install standar, menyisakan memori hanya sekitar 50-70MB.

Low Memori Di Blackberry

Sebenarnya jumlah itu masih cukup sekali untuk dipakai normal, seperti email dengan trafik tidak tinggi atau tidak berlangganan milis dengan aktivitas mencapai 500 email perhari, dan jumlah BBG (BlackBerry Messenger Group) tidak melebihi lima social feed yang sangat aktif

Langkah - Langkah Mengatasi Low Memori Di Blackberry

  1. Bila dirasakan memori sudah sering Low, umumnya dibawah 20MB dan sering tampil jam pasir, ada baiknya rampingkan OS Anda. Cek saja Free Memori melalui tombol Alt+Shift+H atau masuk ke Options-Device-Device Status Information (pada OS6) atau Options – Status (pada OS5), catat dan bandingkan setelah melakukan Shrink OS.

  2. Dalam BB Boss versi 2.2 sudah lengkap semua fungsi dasar BlackBerry yang tidak utama. File yang paling banyak memakan memori dan tidak terpakai adalah bahasa, dan font. Buang semua bahasa yang tidak terpakai termasuk font yang tidak disukai.

  3. Pada Core Applications, fungsi yang pasti tidak terpakai adalah : AT&T, BB APP World*, DOD Certs, Help Files dengan catatan Anda sudah paham soal pemakaian BB, IT Policy Viewer, T-Mobile Backup, Verizon Navigator, dan PTT. Pernahkan Anda membuka dan memakai mailbox? Jika tidak hilangkan saja Visual Voice Mail.

  4. Dalam Social/IM Applications disarankan hapus saja semuanya karena belum tentu semuanya adalah versi terbaru. Setelah itu baru download aplikasi teranyar dan yang terpakai. Untuk Themes, sebaiknya buang semua yang berbasis operator seperti AT&T, dan simpan themes standar.

  5. Pada Games, hapus semua game bawaan BlackBerry jika tidak pernah memainkannya. Dan di bagian Advanced disarankan menghapus Application Center, S/MIME Support, TTY support, dan VAD bagi yang risih dengan Voice Dialing.
Setelah yakin semuanya sesuai dengan keinginan maka klik Direct Shrink on Phone dan tunggu hingga proses selesai. Lalu bandingkan free memori dengan sebelum di shrink. Proses ini juga diyakini bisa membuat baterai lebih awet karena proses di background sudah tidak berfungsi yang membuat kerja prosesor lebih ringan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment