Pengertian Layar Sentuh Kapasitif dan Resistif Di Handphone

Pengertian Layar Sentuh Kapasitif dan Resistif - Mungkin sebagian besar pengguna Handphone berlayar sentuh tidak terlalu memusingkan apa itu layar sentuh kapasifit dan resistif. Terpenting baginya sudah memiliki Handphone canggih dengan layar sentuh. Benar? .

Jika Anda berencana untuk membeli Handphone atau smartphone touchscreen, Anda harus menyadari bahwa ada dua jenis teknologi yang digunakan dalam henpon berlayar sentuh, yaitu resistif dan kapasitif. Apa itu?

Apa itu Layar Sentuh Resistif ?

Layar sentuh resistif bekerja pada tekanan yang diberikan pada layar. Sebuah layar resistif terdiri dari beberapa layer/lapisan, yang bila ditekan maka akan menekan lagi pada layer berikutnya. Tekanan tersebut menjadi sebuah indera dan dikenali sebagai satu inputan untuk melakukan suatu proses tertentu.

Sentuhan di layar resistif umumnya membutuhkan tekanan agak keras, yah tentu saja disesuaikan, agar bisa dikenali sebagai perintah inputan. Sehingga pada umumnya layar resistif lebih membutuhkan perangkat inputan yang agak keras, seperti pen-stylus, jari, kuku jari, atau benda lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh smartphone saat ini dengan layar sentuh resistif, yaitu: LG Optimus, LG GW620, Sony Ericsson Vivaz, Nokia N97 mini dan Nokia N900. LG Optimus merupakan smartphone Android yang menggunakan teknologi sentuh resistif.

layar sentuh kapasitif resistif

Apa Itu Layar Sentuh Kapasitif ?

Layar kapasitif bekerja dengan sifat sentuhan lembut pada obyek, biasanya dengan menggunakan ujung kulit jari Anda. Layar henpon atau smartphone yang bersifat kapasitif tidak tergantung pada tekanan, sehingga lebih responsif daripada layar resistif.

Layar kapasitif memungkinkan layar smartphone diberlakukan tindakan swipe and pinch. Layar sentuh kapasitif hanya dapat disentuh dengan jari, dan tidak akan merespon sentuhan seperti halnya layar resistif dengan pen-stylus. Contoh smartphone saat ini dengan layar sentuh kapasitif, yaitu: Apple iPhone 3GS, iPhone 4, HTC Desire, Samsung Galaxy S dan Samsung Wave.

Meskipun layar resistif seringkali juga responsif, terutama pada smartphone terkini, namun layar kapasitif akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan. Aksi seperti swipe di contact list, zooming in dan out di halaman Web dan peta, hanya contoh keunggulan layar sentuh kapasitif. Bagaimana, semoga cukup jelas perbedaan 2 layar ini
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment